Halaman

Minggu, 30 September 2012

Rencanaku sih #1

SENSOR TIMER PADA KAMAR MANDI
111113010





<< Gambarnya kurang lebih kayak  gini hahahahaa. Kasian ya ? :D





















Cerita dan kejadian fiktifnya:


Sebuah cerita (fiktif atau fakta) :
Ini sebuah cerita realita kehidupan tentang anak kos, anak kos setiap hari khususnya pagi hari pasti akan berlomba berebut kamar mandi. Ada yang sesuka hatinya sendiri menggunakan kamar mandi itu entah apa yang dilakukannya di dalam tanpa mempedulikan teman mereka yang menunggu atau istilah pasarnya antri.
Maka dari itu saya akan sedikit mencurahkan isi hati saya melalui ide yang mungkin kurang masuk akal. Bagaimana idenya ? Silahkan dibaca dengan seksama dan dipahami dengan konsentrasi tinggi tingkat dewa :)


Rencanya yang diinginkan :

Jadi gini gini rencananya punya akunya sih, ane mau buat sensor timer di kamar mandi dengan ane kasih sensor di pintunya pake swicth gitu deh boooook. Gini sih imajinasi yang ada di otak ane, agak sedikit anu gak papa kan sih kan ini sensor yang buat ane sendiri oke oke doi tau kan maksud ane ? :p
Langsung aja deh gak usah banyak cingcong ane jelasin, jadi kalo pintu udah nutup maka akan menyenggol atau menyentuh atau membelai limit switch dan maka timer atau penghitung waktu kalo ente ente kagak tau itu akan mulai dari nol ya pak (kayak di pom bensin gitunya sih maskud ane). Terus timer akan beranjak teyus kak, sampai nanti pada waktu yang ane kehendaki tiba yakni sekitar 15 menitan gitu mati sensornya si timer terus pintu kamar mandi buka sendiri biar kayak pilem pilem berlayar biru gitu hahahha (ketawa jahat).  
Maksud ane baik sebenernya biar kalo waktunya dikasih 15 menit doang di kamar mandi itu gak di pake macem macem ya gak berooooooooow ? :D
Di pintu ane modif pake caranya pim my door hahha wagu yogen iki blog goblokku o ngopo ? hhahahaa. Rencana ane itu pintu biar bisa buka sendiri ane modif, ane kasih pegas biar bisa narik sendiri gitu kalo timernya udah 15menit. Ini ini sebenarnya intinya output dari timer itu dijadikan input ke pegas biar bisa narik biar pintu kebuka dan bisa mendorong pegas yang di kasih di pintu buat nutup. 
Terus sensor reset lagi sekitar 30 detik kemudian jika orang yang sudah clikkiclik (maksud ane mandi) keluar dulu dari tuh kamar, reset ini terjadi karena inputnya mendapat output dari pintu kamar mandi yang ketutup itu.

Alat yang berguna bagi kehidupan sensor ane ini :

- Limit Swicth
- Timer (IC 555)
- Pegas (di pintu)
- Sensor sentuh di depan pintu
- Sensor apa lagi ya ? :D
Kurangnya mohon di maklum kan kita sama sama belajar :*

Sekian deh rencana punya ane, sebelumnya maaf banget ya kalo ente ente kurang paham karena kami kami sudah kasih tau dari awal ente harus punya IQ tinggi buat pahami blog goblog kami ini :D 

Selanjutnya ane mau tau gimana pendapat ente ente, tolong ya di anuin :D
Saya 99% mekatronika bernomor sepuluh sekian wasalam mumumumumu :*

1 komentar:

  1. Menarik, ide ini juga dipakai di singapura untuk menghemat air, lihat ini: http://internasional.kompas.com/read/2012/12/28/14432752/Demi.Hemat.Air..Singapura.Batasi.Waktu.Mandi.Warganya

    BalasHapus