Halaman

Senin, 05 November 2012

SESI SELINGAN - TUGAS AKHIR

Selamat jumpa kawan kawan, sedikit cuplikan pendek dari apa yang telah kami buat sekiranya sedikit memberi kelegaan bagi anda anda yang belum mengerti betul apa maksud dari proyek kami. 
Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada anda anda yang telah memberikan evaluasi dari pertanyaan yang anda sampaikan


LAMPU FOTOSINTESIS DAN IRIGASI OTOMATIS 


Haloo, apa kabar kawanku ? Oke kali ini kami akan membagi apa yang kami pikirkan untuk masalah yang satu ini, yakni TUGAS AKHIR. Kami mempunyai ide yang mungkin sangat sederhana. Ide ini kami kembangkan dari ide yang sudah ada yang kami ambil dari blog yang sangat bagus yakni INSTRUCTABLES.

Oke langsung saja kami membahas ide kami ini. Ide ini menurut kami bisa membantu petani, membantu dalam program pemerintah dalam menangani masalah pangan yang ada dan sangat pro dengan slogan GO GREEN !

Gambar yang akan kami kerjakan diambil dari blog INSTRUCTABLES.


Dari pemikiran yang ada di blog ini akan kami kembangkan dengan membuat irigasi otomatis dengan menambahkan sensor kembapan tanah yang ditaruh di dalam tanah yang kemudian di kendalikan dengan arduino dan relay dengan output pompa air.

Prinsip kerja dari ide yang sudah kami kembangkan :
- Lampu LED akan menyala apabila LDR mendeteksi ruangan gelap dan tak ada sinar matahari.
- Jika sensor kelembapan tanah mendeteksi lembapnya tanah atau kurang air maka arduino akan membaca dan memberi input relay dan saklar NC ke NO yang dihubungkan ke pompa air. Apabila tanah sudah basah maka saklar akan kembali ke NC.

Tujuan :
- Tumbuhan akan tetap tumbuh walau mendung atau tidak ada sinar matahari dan bisa mendapatkan supply air secara otomatis.

Gambar apabila LDR mendeteksi kegelapan :


Rangkaian LDR :


Komponen :
- Alarm
- LDR
- NPN Transistor
- Resistor
- LED
- Sensor kelembapan tanah
- Pot tumbuhan
- Relay 5V
- Arduino
- BC547

Rangkaian driver yang menghubungkan ke arduino :

Komponen :
- Relay 5V
- 1N4001
- Resistor 10k

Demikian catatan yang bisa kami bagikan. Semoga dapat berkenan dan dapat terlaksana dengan baik.

Sumber bantuan proyek :

6 komentar:

  1. menurut anda, cukup kah cahaya LED menggantikan cahaya matahari?
    jika cukup berapa LED yang dibutuhkan untuk memberi cahaya pada tumbuhan dalam 1 box berukuran 4x4m ?
    lalu LED jenis apa yang digunakan? apakah superbright atau LED biasa?

    -Clara Eunike W- 11.1313.005

    BalasHapus
  2. Untuk pemasangan penyiram pupuk dan penyiram air otomatis itu dimana?
    Dan bagaimana cara kerja penyiraman dan pemupukan otomatis tsb?

    Martin Baktiar Adi Setiawan (Mekatronika_111113039)

    BalasHapus
  3. Clara Eunike W- 11.1313.005
    Jika dibandingkan sinar matahari jelas saja tidak bisa karena LED hanya buatan manusia dan matahari buatan Tuhan. Kami mengantisipasi dengan memberi LED yang cukup banyak agar sinarnya bisa sesuai dengan keinginan mungkin kira-kira 5-10 led agar terang cahayanya. Kami menggunakan LED jenis superbright karena menurut kami sinarnya lebih terang daripada LED yang biasa saja.
    Sekian jawaban kami semoga saja bisa menjawab pertanyaan anda.

    Martin Baktiar Adi Setiawan (Mekatronika_111113039)
    Sebelumnya kami mohon maaf karena rangkaian kami ini tidak jadi menggunakan penyiram pupuk. Kami hanya memberi rangkaian penyiram air otomatis atau irigasi otomatis. Letak kami berikan di samping pot dengan memberi lubang atau celah. Cara kerjanya sederhana, dengan menggunakan sensor kelembapan tanah yang ditaruh di dalam tanah dan arduino yang kemudian di sambungkan dengan relay. Apabila sensor membaca tanah kurang air maka secara otomatis arduino bekerja dan memberi input ke relay dan kemudian menyambungkan ke pompa air yang menyuplai air ke dalam pot, dan jika tanah sudah basah maka pompa akan mati.
    Sekian jawaban kami semoga saja bisa menjawab pertanyaan anda.

    BalasHapus
  4. mau nanya, apakah akankah semua tanaman satu dengan yang lain berkemungkinan mendapatkan air dengan kapasitas yg sama?? apakah bisa merata dalam proses penyiramannya?
    gonzaga 111113012

    BalasHapus
  5. OK sangat menjawab, terima kasih..

    BalasHapus
  6. Mohon diperjelas rangkaian alatnya. Kok saya tidak melihat sensor kelembaban tanah pada rangkaian di atas? J1, J2 dan J3 itu konektor untuk alat apa? apakah untuk sensor, arduino, pompa?

    BalasHapus